Total Tayangan Halaman

Selasa, 04 April 2017

PENDEKATAN BEHAVIORAL DAN KOGNITIF SOSIAL : APA ITU BELAJAR ?

Tugas individu Psikologi Pendidikan oleh Reflita Dewi Daulay


APA ITU PEMBELAJARAN ?



BELAJAR adalah perubahan perilaku yang relatif permanen yang dibentuk melalui pengalaman. Tidak semua perubahan perilaku merupakan proses belajar. Perubahan perilaku karena OBAT, kelelahan, maturasi dan luka bukan belajar.
 

PENDEKATAN UNTUK PEMBELAJARAN

1.      Behavioral

Yaitu pandangan yang menyatakan bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diamati, bukan dengan proses mental. Menurut kaum Behavioris, perilaku adalah segala sesuatu yang kita lakukan dan bisa dilihat secara langsung; contoh, anak membuat poster. Proses mental didefinisikan sebagai pikiran, perasaan dan motif yang kita alami namun tidak bisa dilihat oleh orang lain. Pembelajaran asosiatif yaitu pembelajaran bahwa dua kejadian saling terkait.

2.      Kognitif

Terdapat empat pendekatan kognitif utama untuk pembelajaran :

·         Pendekatan kognitif sosial , menekankan bagaimana faktor lingkungan, perilaku saling berinteraksi mempengaruhi pembelajaran.

·         Pemrosesan informasi, menekankan bagaimana anak memproses informasi melalui ingatan, pemikiran, dan proses kognitif

·         Kontruktivis kognitif, menekankan pada pengetahuan dan pemahaman

·         Kontruktivis sosial, fokus pada menghasilkan pengetahuan dan pemahaman.


PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK PEMBELAJARAN


Pengondisian Klasik : belajar asosiasi

Ø  Tokoh : Ivan Pavlov

Ø  Elemen kunci : asosiasi 2 stimulus

Ø  2 hal penting berkaitan dengan pembentukan asosiasi : (1) frekuensi dan (2) Timing

Ø  Definisi : Pengondisian Klasik yaitu suatu bentuk belajar dimana stimulus netral (CS) dipasangkan dengan UCS untuk menghasilkan CR yang identik dengan UCR.


Terdapat dua tipe stimuli dan dua tipe respon :

Ø  Unconditioned Stimulus (UCS) adalah stimulus alamiah yang mendatangkan respon tanpa pengondisian/belajar.

Ø  Conditioned Stimulus (CS) adalah stimulus yang dapat mendatangkan respon setelah dipasangkan dengan UCS

Ø  Unconditioned Response (UCR) adalah respon alamiah terhadap stimulus alamiah.

Ø  Conditioned Response (CR) adalah respon yang identik dengan UCR yang dihasilkan dari CS


     Belajar pengondisian klasik berperan dalam memahami issue phobia yaitu takut. Hasil belajar klasikal kondisioning dapat dihilangkan dengan teknik Counterconditioning, yaitu suatu prosedur yang digunakan untuk melemahkan suatu perilaku terhadap stimulus dengan memunculkan stimulus lain yang memiliki respon yang berbeda. 


Pengondisian operan : belajar konsekuensi 

     Pengondisian operan adalah belajar dimana konsekuensi dari perilaku mengarahkan perubahan pada probabilitas terjadinya perilaku.

     Hukum efek Thorndike menyatakan bahwa perilaku yang diikuti dengan hasil positif akan diperkuat dan bahwa perilaku yang diikuti hasil negatif akan diperlemah.

Terdapat 3 macam konsekuensi yang mempengaruhi perilaku :

·          Penguatan positif yaitu penguatan yang berdasarkan prinsip bahwa frekuensi respon meningkat karena diikuti dengan stimulus yang mendukung (rewarding). Terdapat 2 hal penting yang harus diperhatikan dalam pemberian penguatan positif, yaitu : (1) Timing dan (2) Konsistensi pemberian penguatan

Schedules of positive reinforcement :

·         Fixed ratio : Jumlahnya tetap

·         Variable ratio : Jumlahnya tidak pasti

·         Fixed interval : Waktu pemberiannya jelas

·         Variable interval : Waktu pemberiannya tidak jelas


      Ketika respon yang diharapkan tidak kunjung muncul maka perlu untuk melakukan Shaping, yaitu strategi pemberian penguatan positif pada perilaku-perilaku yang mendekati perilaku yang diinginkan. Selain itu bisa menggunakan Prompt, yaitu stimulus tambahan atau isyarat tambahan yang diberikan sebelum suatu respon dan meningkatkan kemungkinan respon itu akan terjadi. 


·         Penguatan negatif yaitu penguat yang berasal dari pemindahan atau penghindaran suatu kejadian negatif sebagai konsekuensi dari perilaku.

·         Hukuman yaitu konsekuensi yang menurunkan probabilitas terjadinya suatu perilaku


Stimulus diskriminasi dan generalisasi :

Stimulus diskriminasi adalah kecendrungan untuk merespon lebih sering terhadap satu stimulus terhadap stimulus lainnya.

Stimulus generalisasi adalah kecendrungan bagi stimulus yang mirip untuk menghasilkan respon yang sama. 


PENDEKATAN KOGNITIF SOSIAL UNTUK PEMBELAJARAN


1.      Teori kognitif sosial Bandura menyatakan bahwa faktor sosial dan kognitif, dan juga faktor perilaku mempengaruhi peran penting dalam pembelajaran.

2.      Pembelajaran Observasional (modelling), adalah pembelajaran yang dilakukan ketika seseorang mengamati dan meniru perilaku orang lain. Model pembelajaran Observasional Kontemporer Bandura memfokuskan pada proses spesifik yang terlibat dalam pembelajaran observasional. Proses tersebut meliputi :

·         Atensi

·         Retensi

·         Produksi

·         Motivasi 




PENDEKATAN PERILAKU KOGNITIF DAN REGULASI DIRI


1.      Pendekatan perilaku kognitif yaitu mengubah perilaku dengan menyuruh orang untuk memonitor, mengelola, dan mengatur perilaku mereka sendiri, bukan dipengaruhi melalui faktor eksternal.

2.      Metode intruksi-diri yaitu teknik perilaku yang ditujukan untuk mengajari individu memodifikasi perilaku mereka sendiri

3.      Pembelajaran regulasi diri yaitu memunculkan dan memonitor sendiri pikiran, perasaan dan perilaku untuk mecapai suatu tujuan.










0 komentar:

Posting Komentar

 

cogito ergo sum Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates